Tutorial Membuat PPPoE Server dan Client menggunakan MikroTik

Setting untuk PPPoE Server

1. Login ke router MikroTik anda dan klik PPP pada menu sebelah kiri.

2. Klik "interfaces" dan klik pada icon"+" dan pilih "PPPoE Server, ketik nama baru atau tinggalkan seperti standartnya lalu klik "OK".


3. setelah membuat "PPPoE server incoming interface", klik pada tombol "PPPoE Server, akan muncul jendela list server. Klik pada icon "+", ketikkan nama servis atau gunakan nama default. di bawah kotak pilihan interfacepilihlah incoming interface atau PPPoE server interface yang mana akan menerima koneksi, klik OK.



4. Sekarang servis PPPoE telah aktif, saatnya untuk menambahkan dial-in user. Klik pada tab Secres dan klik pada icon "+". Ketikan username yang kau inginkan untuk dial-in user dan ketikkan password, di bawah service pilih PPPoE, tinggalkan profile dengan isi defaultnya, Ketikkan alamat IP di bawah kotak Local Address, kemufian ketikan IP yang menjadi user dial-in, klik OK.



5. PPPoE server telah di setup, saatnya meng establish koneksi dengan server PPPoE, buatlah koneksi network baru seperti anda biasanya membuat koneksi menggunakan dialup menggunakan PPPoE, masukan username dan password dan konek.

Selamat mencoba~ ^^
Setting untuk PPPoE Client


Tahap pertama anda dapat membuka mikrotik anda dengan melalui winbox, kemudian login ke winbox anda, kemudian klik "interfaces" dan untuk interface name nya anda dapat melihat rincian dibawah.

Ether1       : Modem Speedy
Ether2       : local

Kemudian anda buat PPPoE Client dengan mengklik tanda tambah dibawah menu interfaces dan pilih PPPoE Client, maka akan muncul menu "new interface" untuk dial up modem speedy. Kemudian pada.

Name          : public
Type            : PPPoE Client
Interfaces     : Modem Speedy

Seperti gambar dibawah ini.




Kemudian klik Tab "Dial Out" masukkan pada kolom " user dan password" itu " nomor speedy serta password speedy". Kemudian hilangkan ceklis pada "Add Default Route" dan klik "apply" dan "ok" untuk menyimpan settingan anda, seperti gambar dibawah ini.


Kemudian anda dapat membuat DNS dengan mengetikkan perintah dibawah ini di "new terminal"

ip dns set servers=203.130.194.74,8.8.8.8 allow-remote-requests=yes

Kemudian membuat ip Pool dengan perintah:

ip pool add name=pool ranges=192.168.xx.x-182.168.xx.x  > untuk local anda

Kemudian buat Gateway, klik " IP > Routes > kemudian klik tanda tambah maka akan muncul menu "new route "kemudian buat di kolom Gateway itu " public" lalu "apply dan ok", seperti gambar dibawah ini:



Kemudian membuat NAT dengan perintah:

/ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=public action=masquerade commant="MASQUERADE LOCAL"

Setelah settingan diatas semua sudah pass maka tinggal satu langkah lagi yang perlu anda lakukan, yaitu membuat modem speedy menjadi bridge.

Ubah IP PC anda menjadi 192.168.1.4 kemudian buka mozilla firefox dan ketikkan ip modem tersebut di address bar browsing anda > 192.168.1.1  > ip modem seperti gambar dibawah ini.



Maka akan muncul menu Login page modem tersebut, dan anda dapat memasukkna "username serta password modem tersebut". Kemudian anda klik menu " interface setup" dan maka akan muncul tapilan "Virtual Circut PVC0" maka klik tanda panah dan pilih "Virtual Circuit PVC1", kemudian pada bagian "ISP" anda kasih centang "Bridge Mode", lalu "Apply", seperti gambar dibawah ini.



Kemudian coba "reboot" mikrotik anda kemudian coba test "ping yahoo.com" jika sudah replay maka mikrotik anda sudah konek internet dan untuk settingan management bandwith anda dapat melihat di postingan sebelum-sebelumnya.

Selamat mencoba, semoga berhasil~ ^^



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar